TEMPAT WISATA
SUBANG – JAWA BARAT
Ketika mendengar kata SUBANG, yang terlintas di dalam pikiran adalah sesuatu yang sangat pedesaan jauh dari hiruk pikuk ramainya kota. Hamparan sawah dan mayoritas penduduknya adalah petani. Tetapi, apakah benar seperti itu?
Kecamatan Subang juga merangkap sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Topografi nya mulai dari datar hingga bergelombang, berbukit hingga bergunung dengan ketinggian hingga 144 meter di atas permukaan laut. Luas wilayah subang menurut web resmi pemerintahan kabupaten subang adalah 205.176,95 ha atau sekitar 6,34% dari luas provinsi Jawa Barat. Untuk batas wilayah bagian Utara dengan Laut Jawa, bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Sumedang dan Indramayu, bagian selatan berbatasan dengan kabupaten bandung barat dan bagian barat berbatatasan dengan kabupaten purwakarta dan karawang.
Bagi pemudik yang berasal dari Jakarta atau menuju Jakarta pasti sudah tidak asing dengan jalur Subang karena saat mudik tiba, jalur subang akan dilintasi oleh mereka. Dengan semakin ramainya pengendara yang melintas membuat pemerintahan setempat selalu melakukan perbaikan kualitas jalur. Aspal mulus menjadi hal wajib demi kenyamanan pengguna jalan yang melintas. Untuk menuju subang hanya bisa dilakukan dengan jalur darat saja. Banyak moda transportasi darat yang bisa dipilih antara lain seperti menggunakan bus, menggunakan kereta api, kendaraan pribadi mobil bahkan motor.
Jika memilih menggunakan bus, anda bisa menggunakan bus kramatdjati atau bus warga baru jurusan subang. Naiknya dari terminal Kampung Rambutan dan turun di Terminal Subang. Sedangkan yang memilih naik kereta api, anda bisa naik dari stasiun Pasar Senen. Anda bisa memilih naik kereta Gaya Baru Malam Selatan, Tegal Ekspress atau Matarmaja dan nanti turun di stasiun Pegaden Baru. Setelah itu anda bisa memilih angkot yang cari saja terdapat keterangan tulisan Subang atau jiak tidak yakin bisa menanyakan dengan orang setempat. Bagi pengendara yang menggunakan kendaran pribadi mobil maka dari Jakarta menggunakan jalan tol tujuan Jakarta-Cikampek terus hingga sampai ke Tol Cipali lalu keluar di Gerbang tol Subang setelahnya masuk ke Jl. Otto Iskandardinata hingga menuju pusat kota Subang. Jika memilih menggunakan motor, sebaiknya jalan beramai-ramai agar saling menjaga sesama pengendara dan pastinya menggunakan jalur non tol untuk mencapai Subang.

DESTINASI WISATA
Karena bentuk topografinya yang berbukit dan dekat gunung, maka destinasi wisata yang dijumpai hampir sebagian besar berbentuk sumber mata air baik panas maupun dingin sehingga akan lebih sering terdengar kata curug yang berarti air terjun.
1. PEMANDIAN AIR PANAS CIATER
Destinasi paling ikonik dari subang yang sudah sangat terkenal. Tempat favorit tujuan bagi keluarga, perpisahan sekolah hingga reunian atau komunitas jika anda berdomisili di jabodetabek dan sekitarnya. Bisa dibayangkan betapa ramainya yang datang ke ciater tiap bulannya untuk merasakan sensasi pemandian air panas. Lokasi pemandian air panas ciater terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu masih berada dalam kompleks pemandian air panas alami sari ater di daerah desa ciater, kecamatan Jalan Cagak. Air panas yang menjadi sumber pemandian ciater ini berasal dari kawasan kawah aktif dari gunung yang menjadi legenda yaitu gunung tangkuban perahu. Luas areal pemandian ini berkisar 30 hektar dengan pesona alam khas pegunungan di dalamnya. Fasilitas dan sarana serta prasarana yang lengkap membuat pengunjung wisatawan merasa nyaman untuk menikmatinya. Kandungan air panas di ciater ini telah diuji secara klinis untuk mengetahui kandungan mineral apa saja yang terkandung di dalamnya. Selain itu, berendam di air panas ciater juga memiliki banyak khasiat antara lain sebagai terapi untuk penyembuhan rematik, berbagai gangguan syaraf dan tulang. Lebih bagus lagi jika terapi tersebut dilakukan secara rutin.

2. TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Taman Wisata Alam di wilayah Gunung Tangkuban Perahu, adalah salah satu objek wisata alam yang cukup sangat terkenal berada di provinsi jawa barat dengan lokasi yang berada di dua buah kabupaten yaitu bandung barat dan subang. Berada di ketinggian 2.084 dpl atau sekitar 6.837 kaki. Sesuai dengan namanya Taman Wisata Alam memiliki ragam pilihan onjek wisata seperti permainan outbond, pemandangan alam beserta flora dan fauna yang terlindungi di dalamnya. Taman wisata alam gunung tangkuban perahu juga terdapat kawah yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Domas. Banyak masyarakat jabodetabek dan sekitar yang berlatih mendaki gunung di kawasan ini sebelum akhirnya mencoba mendaki gunung yang lebih jauh lagi

3. CURUG SADIM

Objek wisata ini treletak di Desa Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang. Yang menarik adalah, curug sadim ini tersembunyi dibalik bunga-bunga terompet dan berada diantara perkebunan teh. Lokasi disekitaran curug tersebut sudah ditata dengan rapi oleh pengelola sehingga anda bisa menikmatinya dengan nyaman bahkan karena dataran nya yang luas dan rata, tempat sekitaran curug sadim ini bisa menjadi destinasi tempat camping untuk keluarga.

4. MASJID AGUNG AL-MUSABAQAH
Sama seperti hampir di semua kota di Indonesia biasanya memiliki masjid kebanggaan yang terletak di pusat kota. Masjid ini menjadi salah satu ikon kota Subang yang letaknya menghadap alun-alun kota dan kantor Bupati Subang.
5. PARALAYANG BUKIT SANTIONG

Sensasi terbang di atas hamparan bukit teh akan anda rasakan saat anda mencoba paralayang yang dibuka oleh PTPN VIII Kebun Ciater Subang. Flying tea, begitulah mereka menyebutnya untuk objek wisata ini. Tujuan awalnya yang ingin mencari atlet potensial di daerah subang yang untuk dibina dan diberdayakan hingga akhirnya dapat dijadikan atraksi wisata untuk menarik para wisatawan dan mempromosikan Subang. Anda bahkan bisa melakukan selfie ketika melakukan paralayang, jangan khawatir karena selama proses flying tea ini anda akan didampingi oleh professional.
KULINER
Udara subang yang sejuk serta tanahnya yang subur membuat anda banyak menjumpai olahan makanan yang menyehatkan karena diambil dari alam dan diolah secara alami.
1. PEYEUM KETAN

Peyeum yang berasal dari singkong kemudian dicampur beras ketan dan dibungkus menggunakan daun. Bisa dinikmati dengan cara makan langsung, ditambah es krim atau dicampur ke minuman yang anda suka.

2. BUBUY AYAM MA’ATIK

Bubuy ayam disini maksudnya sama seperti pepes ayam tetapi yang berbeda adalah cara pengolahannya. Ayam yang sudah dibumbui dan dibungkus oleh daun pisang tersebut direndam dalam bara abu yang sangat panas kurang lebih sekitar 5 hingga 10 jam. Maka dari itu untuk menikmati bubuy ayam ini, anda harus memesan sehari sebelumnya karena pengolahannya yang lama serta banyaknya peminat membuat anda harus menunggu lama.

3. OLAHAN NANAS
Nanas subang dikenal dengan nama Nanas Madu yang rasanya sangat manis dan aromanya nikmat. Bisa dibilang bahwa nanas sebagai produk unggulan dan ikon dari subang. Karena begitu banyaknya nanas membuat masyarakat sekitar mengolah nanas tersebut menjadi banyak macamnya. Mulai dari dodol nanas, cokelat nanas, keripik nanas, hingga delipel singkatan dari “Delicious Peneapple” .
PENGINAPAN
Lelah berkeliling di subang dan juga menikmati kuliner yang disajikan sangat menarik. Rasa lelah pun pasti akan menghampiri anda untuk segera merebahkan diri di tempat tidur. Karena banyaknya tempat wisata di Subang, anda tidak perlu khawatir untuk menginap dimana. Banyak situs online yang menyediakan info tentang hotel dan penginapan di subang termasuk dengan daftar harga didalamnya. Mulai dari penginapan sederhana hingga hotel sekelas bintang 5 pun ada di subang. Tinggal disesuaikan saja dengan kemampuan dompet dan untuk berapa banyak orang. Rajin-rajinlah mengecek promo yang ditawarkan situs online tersebut, siapa tau bisa jadi rezeki anda untuk mendapatkan pelayanan sekelas bintang 5 dengan harga yang sangat murah.