Nostalagia di Taman Miniatur Kereta Api

Naik kereta api
Tut tut tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung, Surabaya
Ayolah naik dengan percuma
Ayo kawanku lekas naik
Kereta ku tak berhenti lama

Bait lagu di atas tentunya akrab di telinga kids jaman now maupun kids jaman old. Lagu ini mengisi masa kecil kita dan mengisi imajinasi kita mengenai kereta api.

Ya, kereta api adalah salah satu kendaraan yang menjadi tema lagu, di samping delman, sepeda, dan becak.

Hal itu membuat kereta api memiliki tempat spesial di hati anak-anak. Oleh karena itu, anak-anak biasanya penasaran dan sangat ingin menaiki kereta api.

Namun, mengingat fakta bahwa banyak pulau besar di Indonesia yang tidak memiliki transportasi kereta api, maka anak-anak sulit memiliki akses untuk mengenali kereta api.

Selain itu, walaupun terdapat kereta api di wilayah anak, namun mereka berpotensi kehilangan ekspekstasi imajinasinya dan rasa asyik saat naik kereta api. Hal ini dikarenakan minimnya ruang tunggu kereta api di stasiun yang ramah anak.

kincir angin

Anak-anak bisa jenuh dibuatnya jika menunggu lama. Oleh karena itu, untuk mengenalkan anak-anak pada kereta api sembari mengantisipasi hal-hal tersebut di atas, maka Taman Miniatur Kereta Api Lembang telah memberikan solusi jitunya.

Lalu, apa itu Taman Miniatur Kereta Api Lembang? Check this out !

Taman miniatur kereta api

Taman Miniatur Kereta Api adalah salah satu item wisata di area Floating Market Lembang. Taman yang memiliki luas 6000 m2 ini merupakan taman miniatur kereta api pertama dan terbesar di Indonesia, sehingga tidak mengagetkan apabila banyak hotel di Lembang bertumbuh cukup pesat.

Di tempat ini, kamu dapat melihat miniatur kereta api yang keren. Serunya lagi, terdapat pernak-pernik mendukung yang membuat taman miniatur ini menjadi tampak nyata, yakni rel, terowongan, stasiun di mana orang-orangan telah menunggu, pabrik pembuatan kereta api, POM Bensin yang dilewati kereta api, gunung, lembah, sungai jembatan, menara pengawas, dan sebagainya.

Sesuai dengan namanya, area ini dihias layaknya taman indah yang menampilkan atraksi miniatur kereta api. Kamu juga dapat menjumpai suasana di taman miniatur ini kurang lebih sama dengan suasana saat naik kereta api sungguhan di Jawa Barat karena pemandangannya sama-sama romantis.

Tidak hanya itu, anak-anak juga dapat mengenali berbagai jenis kereta api. Pasalnya, terdapat beberapa miniatur kereta yang dipamerkan di sini, yakni kereta penumpang dan kereta yang mengangkut barang.

kereta api bandung

Sembari melihat kereta api berjalan, pengunjung juga dapat memperoleh informasi mengenai kereta api, yakni sejarah kereta api di dunia dan Indonesia serta cara pengoperasian kereta api.

Dengan adanya Taman Miniatur Kereta Api, orang awam dari anak-anak hingga dewasa mendapat hiburan yang mendidik. Untuk masuk ke kawasan Taman Miniatur Kereta Api ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 25.000 per orang.

Nah, sepulang dari sini, sebaiknya kamu membeli cinderamata berupa miniatur transportasi, seperti mobil, motor, pesawat, dan tentu saja kereta api. Oh ya, jangan lupa berfoto bersama orang-orang tercinta di sini. Pemandangan yang unik dan indah di Taman Miniatur Kereta Api perlu menjadi background foto kamu. Sangat menarik, bukan?

Akses Masuk Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api buka dari pukul 09.00 – 17.00 (senin – jumat) atau 09.00 – 20.00 (sabtu dan minggu) . Sebaiknya, kamu mengunjungi tempat ini pada pagi hari agar dapat lebih leluasa bermain di sini.

Nah, untuk mengakses Taman Miniatur Kereta Api, terlebih dahulu kamu harus memasuki kawasan Floating Market yang terletak di Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

stop kereta

Setelah sampai di depan loket masuk, kamu akan diminta untuk membeli tiket seharga Rp 10.000 per orang (senin – jumat) atau Rp 15.000 per orang (sabtu & minggu).

Untuk menyambut pengunjung yang datang, kamu akan diberikan welcome drink berupa lemon tea / hot cappucino / hot chocolate.

Setelah tiba di depan area Taman Miniatur Kereta Api, kamu juga perlu membeli tiket masuk. Namun, jangan khawatir. Uang yang kamu keluarkan setara dengan pengalaman dan pelajaran yang akan kamu dapatkan selama berada di area Floating market dan Taman Miniatur Kereta Api.

Wahana sekitar Taman Miniatur kereta Api

Setelah menjelajahi area Taman Miniatur Kereta Api, ada baiknya kamu dan keluarga juga mengeksplorasi wahana-wahana lain di sekitar taman miniatur ini. Ada apa saja ? Check this out !

The Rock

Area The Rock bukan hanya berisi bebatuan biasa, namun terdiri dari batu-batu yang ditata dengan estetika sehingga menimbulkan kesan yang elegan. Batu-batu di The Rock memiliki berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari yang kecil, bulat besar, hingga panjang besar dan berdiri kokoh di area ini. Dengan keunikan taman batu ini, maka sudah pasti tempat ini menjadi salah satu spot foto menarik.

Becak Mini

Floating Market Lembang dapat dikatakan sebagai objek wisata sekaligus duta transportasi. Bagaimana tidak, di sini kamu dapat menemukan wahana edukasi mengenai transportasi seperti kereta api, ATV, perahu, dan becak. Nah, di wahana becak mini, anak-anak dapat mengendarai becak kecil dengan riang. Jadi, disediakan jalanan khusus untuk anak bermain becak mini dan 4 putaran dihargai Rp 20.000.

ATV

ATV adalah motor yang memiliki 4 roda dan dapat digunakan di atas berbagai medan. Bagi kamu yang penasaran terhadap sensasi mengendarai ATV di atas jalanan yang kurang mulus, maka kamu dapat mencobanya di Floating Market Lembang ini.

Flying Fox

Bermain di wahana Flying Fox benar-benar memacu adrenalin karena harus berada di ketinggian tertentu. Nah, wahana ini memberikan kita pelajaran untuk percaya diri dan menantang rasa takut yang ada pada diri. Seperti kata Eleanor Roosevelt, “Do one thing everyday that scare you”, hal tersebut akan membuatmu lebih percaya diri.

The Summit Factory Outlet

Factory Outlet ini pastinya adalah salah satu area favorit kaum remaja dan dewasa. Di sini, kamu dapat menemukan berbagai barang-barang fashion berkualitas seperti baju, celana, jaket, hingga tas dengan harga murah, yakni mulai dari harga Rp 25.000.

taman mini KAI

Sebagai salah satu trademark factory outlet populer di Bandung, mengunjungi toko ini dan membeli barangnya tentu menjadi kepuasan tersendiri.

Situ Umar Lembang

Menikmati danau rasanya tidak greget jika hanya dari tepi saja. Menjelajahinya dengan menggunakan kano, sepeda air, atau sampan akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan dan tidak terlupakan. Untuk menyewa sepeda air atau kano, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 50.000 per 2 orang selama 30 menit.

Sedangkan harga sewa sampan sebesar Rp 70.000 per 4 orang selama 30 menit. Untuk lebih menghayati momen ini, kamu dapat berfoto ria bersama keluarga, tentunya dengan tetap menperhatikan keselamatan.

Itulah tadi serba-serbi mengenai Taman Miniatur Kereta Api dan wahana di sekitarnya yang dapat memberikan hiburan yang edukatif bagi semua kalangan.

Selamat berlibur !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *